6 Tips Kreatif agar Bisnis Kecilmu Bisa Berhemat



Sebagai seorang owner dari startup dengan modal rendah, tentu kamu mesti menerapkan gaya hidup yang sangat sederhana dan mencari strategi-strategi bisnis yang lebih efisien dan efektif. Kekurangan modal dan juga ketidakmampuan menggunakan modal dengan baik merupakan beberapa alasan mengapa banyak usaha rintisan gagal dewasa ini. Tentu jika kamu sedang membangun startup, maka satu-satunya yang bisa menyelamatkanmu yaitu menghemat uang. Namun untuk statup, dibutuhkan trik-trik bisnis yang lebih kreatif agar bisa berhemat.  Jangan khawatir, dibawah ini kamu akan menemukan 6 tips kreatif agar bisnis kecilmu bisa berhemat.

1.   Gunakan Pemasaran Rendah Biaya atau Bahkan Gratis
Salah satu problem yang sering dihadapi startup dengan modal rendah yaitu marketing. Bagi startup dengan budget besar, tentu marketing ini bukanlah sebuah persoalan. Namun bagi startup dengan modal pas-pasan, tentu marketing ini bukan hal yang sederhana. Dengan modal pas-pasan, kamu tentunya tak akan mampu membeli baliho berukuran besar, pasang iklan di koran terkemuka, menggunakan Facebook Ads, dan lainnya. Nah untuk mengakalinya, kamu mesti menggunakan pemasaran rendah biaya seperti menggunakan akses media sosial. Kamu bisa memanfaatkan teman-temanmu di media sosial untuk branding produk yang kamu miliki. Selain itu jika kamu tidak memiliki website, kamu tinggal membuat website gratisan, misalnya dengan platform Blogspot.

2.  Gunakan Website Builder
Di era yang semakin virtual ini, maka tak ada kesempatan untuk pelaku bisnis jika tidak memiliki website. Sayangnya, biaya untuk membuat website profesional sangatlah mahal, karena kamu mesti menyewa jasa seorang programmer. Nah jika kamu ingin membuat website namun terhalang biaya, sebaiknya gunakan website builder yang banyak sekali tersebar di internet. Kamu tak perlu menguasai kode-kode pembuatan website, cukup drag-n-drop dan website profesional bisa kamu dapatkan dengan mudah. Beberapa platform yang bisa kamu gunakan yaitu Squarespace, Shopify, Weebly, dan lain-lain. Dengan adanya website builder ini, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk membeli domain dan hosting.

3.   Gunakan Event Tertentu untuk Promosi
Jika kamu pikir kamu sangat ahli di bidang tertentu, misalnya teknologi, maka kamu bisa berbicara di event yang membahas tentang teknologi. Kamu bisa meminta ijin pada pihak panitia untuk menjadi pemateri. Pada saat presentasi, maka kamu ‘pun bisa memasukan bisnis yang sedang kamu jalankan. Cara ini sangat efektif untuk mendapatkan perhatian khalayak ramai namun tanpa biaya sama sekali. Tak hanya brand kamu yang namanya akan dikenal banyak orang, melainkan juga namamu akan dikenal orang banyak. Jadi kapanpun ada kesempatan bicara, baik itu di kampus, kantor, instansi, event, dan lainnya, kamu mesti speaks loudly.

4.  Manfaatkan Cashback
Untuk operasional bisnis, tentu kamu membutuhkan banyak sekali barang. Agar lebih hemat budget, sebaiknya kamu manfaatkan cashback belanja online saat akan belanja keperluan bisnis. Jangan jauh-jauh, kamu bisa masuk kedalam situs www.hadiah.me. Hadiah.me merupakan situs yang memang khusus menawarkan cashback, jadi kamu bisa memanfaatkannya kapanpun kamu mau.

5.   Kerja Diluar Ruangan
Berkat kemajuan teknologi, kebanyakan bisnis bisa dijalankan dengan bantuan jaringan internet. Iya betul sekali, sebenarnya kamu tak perlu menyewa ruko untuk dijadikan kantor sebagai tempat kerja. Kamu bisa bekerja dimanapun, bisa di rumah, di taman, di kampus, di kereta, dan lainnya. Jika kamu punya tim, maka kamu ‘pun bisa menggunakan sistem kerja jarak jauh. Jika mau meeting, kamu tinggal menggelar webinar. Atau jika memang sangat urgent dan butuh komunikasi face-to-face, kamu bisa menggelar meeting di kafe seminggu sekali.

6.  Gunakan Freelancer
Jika kamu tak punya biaya untuk menggaji karyawan, maka sebaiknya gunakan jasa freelancer. Tentukan pekerjaan apa yang kamu butuhkan, lalu cari freelancer yang bisa mengerjakannya. Selain itu, kamu juga bisa menemukan freelancer yang rela dibayar murah namun dengan kualitas yang lumayan baik. Namun kamu mesti observasi dulu untuk menemukan freelancer yang paling tepat untuk job yang ingin kamu selesaikan. Untuk menghemat cost, menggunakan jasa freelancer merupakan opsi yang paling tepat.

0 Response to "6 Tips Kreatif agar Bisnis Kecilmu Bisa Berhemat"

Post a Comment