6 Langkah Mempersiapkan Diri dan Rumah Saat Banjir


Banjir merupakan keadaan dimana air hujan terakumulasi dan tidak dapat diserap oleh tanah. Banjir sendiri merupakan salah satu bencana alam yang banyak terjadi di Indonesia, yang merupakan negara di daerah tropis dengan curah hujan yang tinggi. Banjir bukan hanya akan merusak rumah minimalis Indonesia . Bencana ini juga dapat membahayakan jiwa Anda karena dapat menyebarkan penyakit, membuat Anda hanyut, dan meningkatkan resiko terkena sengatan aliran listrik. Bencana ini juga akan sangat merepotkan saat berakhir. Karena setelah air surut, Anda akan dihadapkan dengan lantai yang kotor, perabot yang basah, dan sampah-sampah yang terbawa aliran air. Belum lagi jamur yang akan tumbuh akibat kelembaban yang ia tinggalkan beberapa hari berikutnya.

Untuk menghindari hal-hal mengerikan yang mungkin terjadi, Kami telah merangkumkan 6 langkah mempersiapkan diri dan membenahi rumah saat musim penghujan datang dan potensi banjir telah muncul indikasinya. Selamat belajar dan mencoba menjinakkan banjir!

Pindah dan Matikan Aliran Soket Listrik

Salah satu resiko letal akibat banjir adalah sengatan listrik. Untuk mencegahnya, Anda dapat memindahkan sakelar dan soket listrik yang berada dekat dengan lantai pada tempat yang lebih tinggi. Lebih amannnya lagi, Anda lebih baik memutuskan aliran listrik selama banjir berlangsung. Dengan demikian, resiko kecekelakaan akibat sengatan arus listrik dapat dihindari.

Pindahkan Barang Berharga Ketempat yang Lebih Tinggi dari Batas Banjir

Selalu pindahkan barang berharga Anda ketempat yang lebih tinggi agar tidak rusak atau hilang. Terutama barang berharga seperti perhiasan dan surat-surat berharga yang mudah rusak apabila terkena air. Lebih amannya lagi, Anda sebaiknya menyimpan dua benda tersebut di bank. Untuk barang elektronik, sebaiknya Anda meletakkan ditempat yang tinggi dan jangan sampai terkena air untuk menghindari korsleting dan kerusakan elemen pada peralatan elektronik tersebut.

Gunakan Jangkar Pengaman Pada Perabot Seperti Lemari

Untuk mencegah perabotan Anda hanyut terbawa banjir yang deras, gunakanlah jangkat pelindung yang akan menjaga lemari Anda ditempatnya saat diterpa derasnya aliran air banjir. Cara ini juga ampuh untuk mencegah perabot tersebut mengenai dan mencederai Anda. Peralatan ini dapat Anda beli di toko-toko online yang menyediakan perabot dan bahan bangunan. Simpelnya, jika Anda tinggal di daerah rawan banjir, Anda dapat meminta pembuat rumah Anda menambah alat tersebut pada bagian tertentu rumah Anda.

Perbaiki dan Perluas Saluran Pembuangan Air di Rumah Anda

Saluran air yang mampet adalah salah satu penyebab banjir. Oleh karena itu, Anda harus membersihkan saluran air seperti selokan secara berkala, agar tidak mengalami penyumbatan yang berujung pada banjir. Anda juga harus menghilangkan beberapa kebiasaan buruk seperti membuang sampah pada saluran air. Penimbunan kotoran dan sampah telah diketahui menjadi salah satu alasan banjir menyerang daerah kota besar seperti Jakarta.

Periksa Seberapa Besar Debit Air di Lingkungan Anda

Mengetahui debit rata-rata normal pada lingkungan Anda bisa jadi dapat menyelamatkan Anda dari bahaya banjir dan mampu memprediksi datangnya banjir agar dapat bersiap-siap sebelum bencana ini menyerang. Untuk mengetahui informasi ini, Anda dapat menanyakan pada petugas dinas perairan pada lingkungan Anda.
Ketika debit air mulai melewati rata-rata debit normal dengan cepat, Anda dapat dengan sigap membenahi barang berharga di rumah Anda dan segera mengungsi jika perlu. Jangan lupa mendiskusikannya dengan tetangga atau perangkat desa agar seluruh warga juga ikut bersiap diri dan waspada akan bahaya banjir yang mulai mengintai.

Pasang Alat Pencegah Aliran Air

Anda dapat membatasi aliran air yang masuk dengan meletakkan karung berisi pasir pada bagian pintu rumah Anda. Cara ini cukup efektif apabila banjir di lokasi Anda tinggal tidak terlalu tinggi. Atur agar aliran air dari bendungan mini tersebut mengalir kearah saluran pembuangan air. Bukan malah masuk ke dalam rumah Anda.

Sediakan Alat dan Bahan Pembersih

Saat banjir berakhir, rumah Anda pasti kotor sekali. Oleh karena itu, selalu sediakan alat bersih-bersih seperti alat pel, pendorong air, sapu, sikat, dan bahan pembersih lantai dengan antibakteri. Letakkan pada tempat yang mudah dijangkau tapi aman dari serangan deras banjir. Selalu bersihkan rumah Anda dengan pembersih lantai yang mengandung antibakteri karena beberapa agen pembawa penyakit pasti terbawa air banjir dan mengendap di lantai rumah Anda.

Gunakan Material Bangunan yang Kedap Air

Untuk mencegah rumah Anda menjadi sarang jamur dan kelembaban, sebaiknya gunakan material bangunan yang kedap air. Kekedapan tersebut akan mencegah air merembes dan terakumulasi di dinding rumah Anda dan menjadikan rumah Anda sarang jamur. Beberapa jamur dapat mengakibatkan penyakit yang mematikan. Selain itu, tembok yang lembab dan berjamur akan nampak kotor hingga rumah Anda akan menjadi tidak cantik lagi.


0 Response to "6 Langkah Mempersiapkan Diri dan Rumah Saat Banjir"

Post a Comment